Versi Cetak, Jawa Pos 29 Agustus 2015
Acara Meet &
Greet Elif and All Stars di salah satu stasiun swasta di Indonesia telah
menggoda saya untuk menulis catatan singkat ini. Dengan mengggunakan bahasa
Turki, para pemain Elif menyapa penggemar setia serial Elif yang sudah tayang di
SCTV dalam beberapa bulan terkahir. Panggung budaya populer khususnya dunia
tontonan Indonesia pun mulai dihiasai oleh salah satu pendatang baru yang kali
datang dari Negeri Dua Benua (Eurosia) tersebut, bukan lagi melulu dari
Amerika/Eropa, India dan Korea/Jepang.
Budaya populer Turki (yang diwakili oleh dunia sinema)
bisa dibilang baru satu tahun terakhir mulai merambah publik Indonesia,
setidaknya bisa ditandai khususnya setalah serial Abad Kejayaan ternyata disukai oleh penonton telivisi di tanah air.
Setelah itu, secara beruntun drama-drama Turki pun mulai ditayangkan di
Indonesia seperti Zahra, Elif dan Cinta di Musim Cherry.
Sejauh ini kita mengenal Turki lebih karena faktor
sejarah dan peradaban tua yang masih bisa dikunjungi, termasuk situs perjumpaan sejarah
Islam dan Kristen seperti Hagia Sophia
dan Blue Mosque yang menjadi ikon
dunia. Selain itu, pelajaran sejarah perkembangan Islam banyak menyebutkan imperior
Islam terakhir bernama Ottoman di mana Turki menjadi suksesornya.
Nuansa drama Turki jelas berbeda dengan drama-drama yang
sebelumnya sudah membombardir kita. Misalnya drama Korea. Turki
mempunyai perbedaan yang signifikan dalam aspek tradisi dan kebudayaan. Semua
pemiarsa Indonesia saya pastikan akan menemukan cirikhas dan karakter yang
berbeda dalam konteks tradisi dan budaya secara signifikan. Turki menjadi
salah satu negara yang cukup tertutup dalam aspek kebudayaan luar. Secara kebudayaan,
jika pandangan kita bersepakat dengan kaca mata dan perspektif globalisasi dan
liberalisasi, Turki termasuk negara dengan mayoritas masyarakat yang mempunyai pandangan
inward-looking, sebuah perspektif
yang meyakini bahwa Turki-lah segala-galanya sehingga mereka tidak tertarik dengan
gedebus perkembangan budaya popular di luar sana.
Meskipun film-film Hollywood, Jepang dan negara-negara
Eropa bisa masuk, aspek-aspek tradisi dan kebudayaan komunal mereka tetap
dijaga dengan baik, atau setidaknya bisa bertahan lebih alot. Salah satu faktor yang menjaga mereka adalah kebanggaan
kepada negara republik yang dibangun oleh Mustafa Kemal Ataturk dan sejarah-sejarah
kebesaran mereka yang terus ditanamkan secara kuat sejak di bangku sekolah
dasar. Di samping itu, rasa nasionalisme dengan setangkup mitos-mitos kebesaran
sebagai bangsa terus dipupuk subur, seperti keyakinan bahwa Turki adalah
bangsa penakluk, pekerja keras, pernah menguasai setidaknya sepertiga dunia dan sebagainya.
İmplikasi dari penanaman nilai-nilai sejarah republik Turki
adalah nasionalisme yang sangat kental dan kuat di jiwa masyarakatnya. Bisa
dipastikan bahwa Turki menjadi satu dari sedikit negara yang bangsa terus-menerus
mengibarkan bendera di banyak tempat hingga ke pelosok negeri. Di Turki Anda akan
kesulitan menemukan nama-nama orang selain nama khas Turki itu sendiri, padahal
masyarakat Turki terdiri dari suku-suku bangsa yang berbeda. Alih-alih bergaya
nama Barat seperti Michael, Bernando, Robert, Johanna, dll. Dalam konteks ini, proyek
nasionalisme Turkinisasi oleh Ataturk
berhasil. Hingga hari ini film-film yang masuk di Turki dan tayang di bioskop
pasti melewati sensor ketat dengan rata-rata sistem dubbing.
Sementara itu, dalam satu dekade terakir apabila ada film-film
baru dari bahasa Inggris masuk ke Indonesia, dipastikan judulnya tidak akan berubah.
Bahkan film-film lokal yang dibikin oleh sineas kita justru memakai judul
bahasa Inggris (buat gaya atau apa?). Di Turki, Anda tidak akan menemukan
panorama demikian. Meskipun ada, itu hanya satu dua. Tidak masif. Judul film semudah apapun teks bahasa Inggris pasti
dialihbahakan ke Turki, misalanya Final
Destination menjadi Son Durak dan
Don Quixote pun menjadi Don Kişot.
Ada satu kebijakan lagi yang membuat saya begitu kagum dan
sekaligus respek: semua pelajar internasional yang mendapatkan beasiswa dari
Pemerintah Turki (Türkiye Bursları)
harus melewati kursus bahasa Turki di kelas persiapan. Meskipun di kelas
pengantarnya akan memakai bahasa Inggris, skenario beasiswa oleh pemerintah kali
ini harus diikuti. Penerima beasiswa yang jumlahnya mencapai sekitar 50 ribu
dari semua negara harus melewati kursus bahasa Turki dengan sertifikat. Skenario Turki untuk
menjadi suatu kekuatan dunia pada tahun 2030 sudah dipersiapkan secara rapi
sejak satu dekade terakhir di bawah pemerintahan AKP (Partai Keadilan dan
Pembangunan). Salah satunya dengan “memaksa” pelajar asing yang dibiayai oleh
negara harus tahu bahasa Turki yang secara gamblang bisa dipahami bahwa mereka
akan menjadi agen-agen kebudayaan Turki di masa depan, setelah para pelajar ini
lulus dan kembali ke negara masing-masing. Bisa dibayangkan betapa
akan terus bertambah jumlah kuantitas generasi muda dari negara-negara
berkembang yang bisa berbahasa Turki!
Strategi Budaya
Semakin maraknya nama Turki disebut dan disiarkan ke
publik Indonesia baik oleh sebagian partai politik sebagai fans berat Recep
Tayyip Erdogan dan partainya, apresiasi besar dari kelompok keagamaan tertuntu,
hingga berkembangnya budaya populer Turki di Indonesia semakin menjustifikasi
bahwa Turki telah masuk di depan mata kita. Saya tidak akan mempersoalkan buruk
atau tidaknya fenomena masif yang berkembang tersebut. Tetapi, sebagai mahasiswa
Indonesia di Turki, saya cukup merasakan gesekan dan intrik di balik strategi kebudayaan
melalu jalur-jalur hubungan politk, ekonomi dan politik kebudayaan itu sendiri.
Salah satu intrik terbaik dari strategi budaya tentu saja lewat kerjasama
beasiswa besar-besaran yang dipraktikkan Turki terhadap negara-negara
berkembang lainnya.
Perlu dicatat bahwa Indonesia tidak menjadi prioritas Turki
atau mungkin begitu juga sebaliknya. Hubungan kerjasama Indonesia-Turki bisa
dibilang kecil dan tidak masif, tidak seperti kerjasama dengan China, Jepang
dan Amerika. Tengarai ini bisa saja berujung pada satu titik, yaitu karena aliran investasi dan uang Turki dilihat
tidak cukup menggiurkan bagi Indonesia yang akhir-akhir ini makin kepitalis-liberal.
Tetapi kenapa aspek budaya populer Turki justru hadir dengan mulus? Yang pasti,
ada aspek menarik atau mungkin intrik ke tengah kondisi masyarakat kita yang
makin haus budaya populer-bombastis dan pola pikir yang bergeser ke arah sekuler-liberal begini.
Intrik dan strategi budaya inilah yang harus
digarisbawahi sebagai pelajaran penting bagi kita di Indoneisa. Karena kenyataannya
produk-produk kebudayaan kita banyak kalah bersaing di depan negara-negara berkembang
sekalipun atau bahkan kita kurang kelihatan sebagai negara yang aspek
kebudayaannya patut diperhitungkan. Tetapi sebaliknya, Indonesia sebagai negara
dengan penduduk besar justru menjadi objek jualan yang potensial oleh pasar internasional.
Aspek budaya populer menjadi pintu masuk menanamkan dan menjual branding.
Lebih lanjut, strategi budaya yang berkembang dewasa ini,
miminjam istilah Douglas Holt dan Douglas Cameron dalam Cultural Strategy: Using Innovative Ideologies to Build Breakthrough
Brands, berlumur strategi branding
yang memanfaatkan spirit cultural
innovation dengan tujuan untuk
menciptakan dan sekaligus menjual brand
itu sendiri. Cultural mimicry yang disebut oleh penulis sebagai cultural orthodoxy sudah dilampau dengan membentuk budaya baru yang
sembunyi dalam penyediaan ruang subculture
(2010). Aspek-aspek masif subcultures
inilah yang kemudian membuka ruang-ruang bebas terbentuknya inovasi-inovasi kultural
dalam masyarakat. Pesan dan warna kebudayaan yang dibawa oleh drama-drama Korea
atau Turki akan menciptakan branding
baru di tengah masyarakat kita yang makin sekular dan liberal tetapi lemah dalam
aspek kesadaran kultural.
Akhirnya, secara sadar harus diakui bahwa dalam konteks
kebudayaan kita adalah bangsa yang sangat aktif mencari bentuk-bentuk ekspresi subculture yang datang dari luar untuk
mengisi ruang-ruang kosong atau memodifikasi kejemuan waktu luang pada ruang
tontonan yang monoton. Budaya populer Turki dengan cirikhasnya dapat menambah dan
sekaligus menambal ruang ekspresi kebudayaan kita, dan di waktu bersamaan kita
harus siap menerima berbagai branding
yang dijual sebagai strategi inovatif dari keubudayaan. Mari kita cermati bersama-sama
bagaimana ikon-ikon tradisi, bahasa, emosi, sejarah dan kebudayaan Turki akan
menjadi salah satu tontonan alternatif yang mengisi memori pemiarsa televisi di
Indonesia.
Foto oleh Ahmad Muhli Junaidi
6 comments:
Halo, mas Bernando. Saya Cininta, anaknya Bu Rahmani. Saya sering baca blog Mas Bernando, tapi baru sekarang saya komen. Saya sering penasaran dengan bagaimana Turki yang kemudian menjadi sekuler itu justru menjadi "tertutup" seperti tulisan blog ini. Saya hanya sedikit tahu tentang Turki dan sejarahnya. Dan setahu saya Turki masa Ataturk kemudian jadi kebarat-baratan. Dalam pikiran saya, seharunya dengan mengadopsi pemikiran Barat, Turki justru terbuka dengan pengaruh-pengaruh Barat (termasuk bahasa). Tapi justru Turki sangat nasionalis dan secara bahasa mereka justru sangat bangga dengan bahasa Turki. Kok, bisa, begitu ya? Hehehe.... Sementara kita di Indonesia yang menurut saya tidak 'drastis' perubahannya justru sangat terbuka dengan pengaruh budaya asing :D
Terima kasih Cininta sudah baca blog dan komentar juga. Semoga bermanfaat. Apa yang kamu katakan betul bahwa Turki sejak menjadi republik emang kebarat-baratan, karena emang keinginan Ataturk dan kroninya menjadikan "Turki modern", syaratnya adalah harus meniru Barat, khususnya Prancis. Misalnya tentang contoh "laik" (secular) sepenuhnya meniru Prancis, dan pada masa awal republik semua ilmuwan yang punya haluan modernis dijadikan fondasi ilmiah pembangunan negara, misalnya sosiolog Ziyah Gokalp.
Bisa dicatat bahwa yang diambil dari Barat bukan egaliter, liberal/kapital atau keterbukaannya, tapi hanya simbol-simbol/bagian-bagian kecil seperti secularism dan hal-hal artifisial yang lain, misalnya memakai topi. Fakta ini untuk menjawab "kenapa Turki tertutup? Karena ada satu hal yang justru menonjol dalam proyek Ataturk, yaitu Turkinisasi. Semangat ini yang kemudian melahirkan nasionalisme khas Turki, sedikitnya seperti yang aku tulis di artikel ini. Mitos-mitos dan sejarah kebangsaaTurkian sangat menonjol, bahkan suku yg juga besar di Turki, seperti Kurdi, harus menderita karena proyek ini: bahasa, pakaian, simbol kultur mereka dibabat habis dan dilarang (artikel sebelumnya ini mungkin membantu http://bjsujibto.blogspot.com.tr/2015/06/kemenangan-kelompok-minoritas-di-turki.html).
Demikian
Salam
tulisannya mantab..
salam kenal
Terima kasih Mas Haykal sudah berkunjung.
Salam kenal balik
Tidak dipungkiri kalau Indonesia jadi negara dgn bermacam macam suku & kekayaan adat juga budayanya sejak dahulu.
cara mengobati vertigo | pengobatan kanker serviks | obat gula darah tinggi | obat nyeri otot dan sendi
Mas Ari, setuju. Indonesia adalah bangsa dengan peradaban besar dan kaya...
Post a Comment