Friday, September 21, 2012

Gerakan Pelangi Manusia: “The Rainbow is You”

DAPAT DITERBITKAN SEGERA
SIARAN PERS
Perayaan Hari Perdamaian:
Gerakan Pelangi Manusia: “The Rainbow is You”

Yogyakarta, 6 September 2012Dalam rangka merayakan Hari Perdamaian Internasional yang diadakan setiap 21 September, Peace Generation –sebuah komunitas yang bergerak di bidang resolusi konflik dan perdamaian di kalangan anak muda— akan mengadakan Gerakan Pelangi Manusia Rainbow for Peace: “The Rainbow is You” pada hari Jumat, 21 September 2012, pukul 14.00-17.30 WIB, di Nol Kilometer Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan berupa Flash Mob dan pertunjukkan seni. 150 pemuda akan membentuk lingkaran pelangi di tengah-tengah perempatan Nol Kilometer Yogyakarta dan melakukan flash mob. Sebuah bendera merah putih akan dikibarkan di tengah lingkaran oleh 5 pemuda: waria, Bali, perempuan Muslim, difabel, dan Papua. 20 pemuda akan menjadi pembawa Sandwich Board berisi pesan-pesan perdamaian dan menyebar di sekitar lokasi. 30 pemuda lainnya terlibat dalam pengisi acara di panggung yang merupakan pusat informasi serta tempat penyampaian pesan perdamaian melalui media seni: musik, tari, komedi, sulap, dsb.

The Rainbow is You diharapkan dapat menjadi ajang berkumpulnya pemuda dan komunitas-komunitas pemuda di Yogyakarta untuk saling mengenal dan membangun jaringan dalam semangat kebinekaan dan perdamaian, serta menjadi pengingat bagi masyarakat bahwa setiap individu adalah bagian dari kebhinekaan dan setiap orang perlu menciptakan perdamaian dan menolak segala bentuk kekerasan.

Kegiatan ini terbuka untuk semua, baik pemuda maupun masyarakat umum. Tanpa biaya. Bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi secara langsung dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu pada www.peacegeneration.org. Setiap peserta yang terdaftar akan mendapatkan fasilitas berupa kaos sesuai dengan warna pelangi.
-selesai-

Tentang Peace Generation
Peace Generation merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang resolusi konflik dan perdamaian di kalangan anak muda (youth). Pada 27 Mei-1 Juni 2002, di Pondok Tingal, Magelang, Komunitas Cinta Damai Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM mengadakan Youth Camp for Democracy and Peace (YCDP). Dalam acara tersebut, baik peserta maupun panitia menyadari akan adanya kebutuhan ruang bagi pemuda untuk mengatualisasikan diri, ide-ide, dan kecintaannya akan perdamaian. Maka mereka pun sepakat untuk membentuk komunitas cinta damai bernama Peace Generation yang saat itu beranggotakan alumni panitia dan peserta YCDP.
Keanggotaan komunitas ini bersifat terbuka. Mereka yang peduli dan mau bekerja untuk perdamaian dapat menjadi bagian dari Peace Generation. Meskipun demikian, melalui kegiatan Peace Camp yang diadakan secara rutin, para alumni program Peace Camp akan secara langsung menjadi bagian dari Peace Generation.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Utha, Tim Publikasi, HP: 085729331889, e-mail: peacegeneration.jogja@gmail.com, Laman: www.peacegeneration.org 

0 comments: